Rabu, 06 Mei 2015

Tips Memperbanyak Asi

Melancarkan Asi Ibu dengan Buah Bengkuang dan Buah Blustru



1). Buah Bengkuan atau dengan bahasa latin Pachyrhizus Erosus


Pernahkah anda makan buah bengkuang ? buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang berguna. Buah Bengkoang berasal dari amerika tropis, yang ternyata sangat segar sekali untuk di makan ataupun di buat rujak ketika siang hari karena mengandung kadar air 86-90% dalam buahnya. Nama latin bengkuang sendiri adalah Pachyrhizus erosus, yang di negara asalnya amerika, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Bagi orang Jawa Bengkoan dikenal sebagai besusu karena warna putih buahnya serupa minuman susu.

Beberapa manfaat buah bengkoan “Pachyrhizus Erosus” :
  1. Masker Bengkuang : sebagai masker untuk menyegarkan wajah dan juga untuk memutihkan kulit wajah.
  2. Makanan bagi penderita Diabetes : Karena rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna tubuh manusia, membuat buah ini cocok di gunakan sebagai makanan untuk penderita diabetes.
  3. Makanan Rendah Kalori : Seperti halnya cocok bagi penderita diabetes, makanan atau buah ini sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet rendah kalori.
  4. Makanan untuk Ibu baru melahirkan 1 bulan : Makan konsumsi buang bengkuang yang telah di kupas, di cuci bersih, dan di potong sedang – sedang tiap waktu pagi, siang, dan sebelum tidur selama asi belum keluar dari puting ibu.   


Selain itu bagian bengkuang yang lainnya juga berfungsi sebagai obat. Bagian itu adalah bagian biji bengkuang yang berguna sebagai:

Sebagai Obat Kudis
caranya adalah dengan menumbuk biji bengkuang dan dicampur dengan belerang setelah itu dioleskan kepada penyakit kudis.

Sebagai Obat urus-urus
Di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus

2). Buah Blustru atau dengan nama latin Luffa Cylindrica
Buah blustru

            Di Indonesia, cina dan Filipina buah blustru popular sebagai sayuran yang disajikan dalam masakan sehari hari. Di india buah hijau dikonsumsi sebagai sayur dan membantu mengatasi batuk. Bagian yang digunakan dalam pengobatan cina yaitu bagian fasikula buah matang. Efek yang ditimbulkan antara lain analgesic, antiinflamasi dan sedative.
Manfaat kesehatan untuk mengatasi nafsu makan kurang, tuberculosis dan neurasthenia, penyakit dengan gejala antara lain gelisah, lelah, sakit kepala dan depresi.
Aktivitas farmakologis :
Anti bakteri, Antioksidan, Anticendawan. Ekstrak buah blustru memiliki aktivitas analgesic yang hampir sama dengan obat standar pentazocin.

Berikut Resep atau Ramuan untuk Buah Blustru “Luffa Cylindrica” :

Ramuan ke-1
Bahan:
Buah blustru, secukupnya.
Daun katuk, secukupnya.

Cara Meramu Resep:
Masak buah blustru dan daun katuk menjadi sayur bening.

Aturan Pakai:
Konsumsi sayur bening buah blustru dan daun katuk bersama nasi.


Ramuan ke-2
Bahan:
Bunga kastuba segar, 10 g.

Cara Meramu Resep:


Cuci bersih bunga kastuba, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan, dan saring air rebusan.

Aturan Pakai:
Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.


Ramuan ke-3
Bahan:
Rimpang temulawak segar, 20 g.
Madu, 2 sendok makan.

Cara Meramu Resep:
Cuci bersih rimpang segar temulawak, lalu parut. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk. Peras dan saring hasil parutannya, lalu didihkan dengan cara ditim. Setelah dingin, tambahkan madu sambil diaduk rata.

Aturan Pakai:
Minum ramuan ini pada pagi dan sore hari dengan takaran yang sama banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar